Alami Kebocoran, KM Formosa -12 Asal Sibolga beserta 20 ABK Hilang di Perairan Nisel

  • Whatsapp
KM Formosa 12 yang hilang kontak di duga dihantam gelombang dan badai hingga mengalami kebocoran

1Minutesnews.com, Sibolga | Kapal nelayan jenis Bagan Terapung, KM Formosa asal Sibolga dikhabarkan hilang di perairan Pulau Lambak, Kabupaten Nias Selatan, Provinsi Sumatera Utara, hari Selasa (5/3/2019) sekira pukul 05.30 WIB.

Kapal dengan nomor lambung GT.29 No 1734/SSd dan berawak 20 orang ini sebelumnya diketahui mengalami kebocoran dan nyaris tenggelam saat hendak mencari ikan dengan route Sibolga – Pulau Lambak, Nisel.

Di duga kapal mengalami kebocoran akibat hantaman gelombang tinggi dan badai besar yang sedang melanda perairan di jalur kapal naas ini melintas.

Kapal naas ini dinakhodai oleh Suaidi Situmeang sementara pemiliknya bernama Hendra alias Sonsong warga Sibolga.

Kepala KSOP Sibolga Augustia Waruwu

Kepala KSOP Sibolga, Augustia Waruwu membenarkan adanya kapal nelayan asal Sibolga yang hilang kontak.

“ Benar, KM Formosa-12 hilang kontak dan saat ini sedang di lakukan operasi SAR mencari keberadaan kapal beserta 20 ABK nya,” jawab Augustia Waruwu saat dikonfirmasi redaksi 1Minutesnews.com melalui whatshapp.

Selain Pos SAR, KSOP juga sudah menghubungi kantor radio pantai di Sibolga untuk menginformasikan kepada  seluruh kapal yang melintas di perairan tersebut  membantu pencaharian.

“ Posisi terakhir hilang kontak di kordinat LKP 0 derajat 19 ’7’.92” N 98 derajat 27 ‘ 52. 26 “ E. Nomor jalur 63766 LSB , jalur di lintang N 019 132 E 098 27871. Kalau dari Pulau Tello ke Pulau Pini kira kira 4 jam perjalanan sementara dari Sibolga sekitar 11 jam perjalanan,” tulis Augistia dalam pesan whatshapnya hari, Selasa (5/3/2019).

Sementara pihak Kantor SAR Medan menyebutkan, khabar hilang kontaknya KM Formosa-12 di peroleh dari KM Metal yang melihat KM Formosa-12 mengalami kebocoran dan hampir tenggelam.

“ Diterima info dari awak KM Metal bahwa telah melihat KM Formosa 12 mengalami kebocoran dan hampir tenggelam serta membutuhkan bantuan SAR,” tulis Kakansar Medan melalui KSOP Sibolga.

Disebutkan, cuaca saat ini hujan disertai angin. Pos SAR Medan sudah memerintahkan Operasi SAR untuk mencari keberadaan KM Formosa-12 beserta 20 ABK nya. (AST)

loading...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan