3 Cara Teknik Pijat Wajah Atasi Gejala Sinusitas

  • Bagikan
Ilustrasi Sinusitas (Foto Halodoc)

1Minutesnews.com, Artikel | Alami hidung tersumbat terus-terusan akibat sinusitis tentu bikin Anda jadi tak nyaman. Tentu saja, Anda jadi tak bisa bernapas dengan lega karena aliran udaranya terhalang oleh jaringan sinus yang meradang.

Pijat sinus adalah salah satu dari sekian banyak pengobatan rumahan yang dapat membantu meringankan tekanan pada sinus. Para ahli mengungkapkan bahwa tekanan lembut saat memijat dapat meningkatkan sirkulasi darah di hidung. Alhasil, gejala sinusitis bisa berkurang secara bertahap.

Sebetulnya, Anda pun juga bisa melakukan pijat wajah sendiri supaya lebih nyaman. Anda bisa mengatur sendiri seberapa besar tekanan di wajah yang tidak menimbulkan rasa sakit. Akan tetapi, kalau Anda ragu, tidak masalah untuk meminta bantuan terapis bersertifikat untuk memijat area sinus Anda.

Tubuh manusia memiliki empat pasang sinus. Keempat area sinus ini terletak di tempat yang berbeda-beda, yaitu:

Sinus frontal: di tengah dahi (frontal), tepat di atas masing-masing alis.
Sinus ethmoid: di belakang hidung, tepat di antara kedua mata.
Sinus sphenoid: di belakang tulang ethmoid, letaknya di pangkal hidung dan di antara sudut mata bagian dalam.
Sinus maksila : sinus terbesar, terletak di belakang tulang pipi dekat rahang atas.

Untuk mengatasi sinusitis, Anda bisa memijat di salah satu atau semua area sinus yang terasa nyeri. Nah, ada 3 teknik pijat wajah yang dapat membantu mengatasi sinusitis, di antaranya:

1. Pijat sinus frontal

Pijat sinus frontal

Memijat area frontal sinus, yang terletak di tengah dahi, dapat membantu meredakan sakit kepala akibat sinusitis. Sebelum mulai memijat, coba gosok kedua telapak tangan supaya lebih hangat.

Sensasi hangat di tangan akan membantu melunakkan jaringan sinus yang tegang ketika dipijat. Anda juga bisa menggunakan losion atau minyak supaya pijatannya terasa lebih nyaman.

Caranya:
1. Gunakan jari telunjuk dan jari tengah di kedua tangan, lalu letakkan di tengah dahi, tepatnya di ujung masing-masing alis.
2. Pijat area tersebut perlahan-lahan dengan gerakan memutar ke luar selama 30 detik.
3. Lakukan gerakan memutar ke arah dalam selama 30 detik. Rasakan perubahannya pada sakit kepala yang mulai mereda.

 

2. Pijat sinus maksila

Pijat sinus maksila

Pijat sinus di area maksila diyakini ampuh mengatasi gejala sinusitis, di antaranya hidung tersumbat dan rasa nyeri pada sinus. Sama seperti sebelumnya, gosokkan kedua telapak tangan Anda terlebih dahulu supaya lebih hangat saat memijat area sinus.

Caranya:
1. Gunakan jari telunjuk dan jari tengah pada kedua tangan, lalu letakkan di antara tulang pipi dan rahang atas.
2. Pijat perlahan dengan gerakan memutar selama sekitar 30 detik. Supaya tekanannya lebih kuat, Anda boleh menggunakan jempol saat memijat area sinus maksila.

3. Pijat sinus sphenoid

Pijat sinus sphenoid

Bagi Anda yang mengalami hidung tersumbat terus-terusan karena sinus, cobalah pijat wajah di area sinus sphenoid. Memijat area sinus ini bisa membantu melancarkan aliran udara di hidung sehingga Anda bisa bernapas lebih lega.
Lagi dan lagi, gosokkan kedua telapak tangan Anda terlebih dahulu supaya terasa lebih nyaman. Boleh juga dengan menuangkan sedikit minyak atau losion sebelum menggosok kedua telapak tangan.

Caranya:
1. Letakkan jari telunjuk Anda di pangkal hidung, tepatnya di tengah-tengah kedua sudut mata.
2. Tekan titik ini dengan kuat selama sekitar 15 detik.
3. Dengan gerakan memutar, pijat hidung Anda dari tengah-tengah kedua sudut mata ke arah bawah sepanjang hidung Anda.
4. Ulangi gerakan ini selama 30 detik dan rasakan sendiri perubahannya.

Lakukan pijat sinus tersebut selama beberapa kali sampai gejala sinusitis Anda berkurang. Anda juga bisa mengombinasikannya dengan pengobatan rumahan lainnya, seperti kompres hangat atau menghirup uap, untuk mempercepat penyembuhannya. (***)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan