Kasasi di Tolak, Ramadhan Pohan Segera di Eksekusi Kejati Sumut

  • Whatsapp
Sidang Ramadhan Pohan di PN Medan 2017

1MINUTESNEWS.COM, Medan | Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara  akan segera mengeksekusi Politikus  Ramadhan Pohan yang dijatuhi hukuman 3 tahun penjara dalam kasus penipuan Rp15,3 miliar.

Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara (Kejatisu) menegaskan tetap akan mengeksekusi Ramadhan Pohan meski nantinya politisi Partai Demokrat itu  mengajukan Peninjauan Kembali (PK) atas kasusnya.

Penegasan ini disampaikan Kasi Penkum Kejati Sumut Sumanggar Siagian.

“Jika terdakwa mengajukan PK, tidak akan menghalangi Jaksa Penuntut Umum untuk melakukan eksekusi,” ucap Sumanggar melalui seluler, Selasa (22/1/2019).

Kasi Penkum Kejati Sumut Sumanggar Siagian,SH,MH.

Namun meski demikian Sumanggar  mengatakan eksekusi terhadap mantan Calon Wali Kota Medan Periode 2015-2020 itu dapat dilakukan setelah Jaksa Penuntut Umum menerima salinan putusan tingkat kasasi dari Mahkamah Agung.

“Kalau salinan putusannya sudah kita terima, pasti akan langsung kita eksekusi,” sebut Sumanggar.

Sumanggar menjelaskan salinan putusan itu, akan diterima JPU dalam waktu dekat. Paling lama 1 atau 2 pekan dari putusan tersebut, dibacakan oleh majelis hakim MA. Dengan itu, sifat kejaksaan hanya menunggu salinan disampaikan ke Kejati Sumut.

“Kita belum tau nantinya akan ditahan di mana, jadi tergantung pimpinan kita. Kita lihat dulu lah putusannya,” tutur Sumanggar.

Berdasarkan data yang dihimpun dari laman resmi MA, perkara Ramadhan Pohan tercatat dengan nomor registrasi 1014 K/PID/2018 dengan putusan sebelumnya di Pengadilan Tinggi Medan.

Surat kasasi tersebut diterima MA pada 17 Oktober 2018.

Klik halaman 2 (dua) untuk melanjutkan…

loading...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan