Jejak Digital Asusila Terungkap, Vanessa Angel Resmi Tersangka Prostitusi On Line

  • Whatsapp

1MINUTESNEWS.COM,Jatim | Subdit Siber, Ditreskrimsus, Polda Jatim resmi menetapkan Vanessa Angle (VA) menjadi tersangka kasus prostitusi online, hari Rabu (16/1/2019).

Penetapan ini berdasarkan keterangan saksi dan barang bukti berupa rekam jejak digital, foto dan video porno yang mengindikasikan VA terlibat dalam bisnis asusila ini.

Kasus prostitusi online yang melibatkan sejumlah artis ibu kota memasuki babak baru. Setelah menetapkan enam mucikari sebagai tersangka, kini penyidik Subdit Siber,  Ditreskrimsus, Polda Jatim menaikkan status artis VA menjadi tersangka.

Penetapan tersangka ini disampaikan langsung oleh Kapolda Jatim, Irjen Pol  Luki Hermawan, Rabu sore (16/1/2019) di halaman Gedung Tribata Mapolda Jatim.

Dikatakan,  penetapan tersangka VA ini berdasarkan berbagai pertimbangan, diantaranya keterangan para saksi, baik saksi ahli pidana, ahli ITE, ahli bahasa dan saksi korban serta keterangan tersangka dua mucikari.

Selain itu,  polisi juga menemukan fakta baru dari hasil olah digital forensik ponsel milik VA dan mucikari. Dari rekam jejak digital ini, VA diketahui aktiv mengirim foto dirinya dalam keadaan yang tidak senonoh ke mucikari. Bahkan, penyidik juga memiliki bukti percakapan lewat chating di media sosial dengan kata-kata berbau asusila.

Hampir 20 persen bukti bukti ini mengarah bahwa VA terlibat prostitusi online, karena mengeksploitasi atau menawarkan dirinya sendiri ke mucikari untuk dijual ke pria hidung belang.

“ Dengan ditetapkannya VA menjadi tersangaka, anggota saya menjerat VA dengan pasal pasal 27 ayat 1 UU ITE tahun 2016 yang berbunyi, setiap  orang  dengan  sengaja  dan tanpa  hak  mendistribusikan  dan atau mentransmisikan  dan atau  membuat dapat diaksesnya informasi elektronik dan atau  dokumen  elektronik  yang memiliki  muatan  yang  melanggar kesusilaan  dengan ancaman hukuman enam tahun penjara atau denda paling banyak satu miliar rupiah” lanjut Irjen Luki Hermawan..

Untuk pemeriksaan lebih lanjut, Senin pekan depan penyidik Subdit Siber, Ditreskrimsus, Polda Jatim akan memangil VA. Pemeriksaan ini merupakan pemeriksaan perdana setelah VA ditetapkan sebagai tersangka. (Rel Polda Jatim)

 

loading...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan