Banjir Bandang, Ditreskrimsus Polda Sumut Terus Selidiki Pembalakan Liar di Dairi

  • Whatsapp
Diskrimsus Polda Sumut selidiki dugaan adanya pembalakan liar yang menjadi penyebab banjir bandang
Keterangan : Banjir Bandang di Dairi

1MINUTESNEWS.COM, Medan | Direktorat Kriminal Khusus Polda Sumut sampai dengan saat ini masih terus melakukan penyelidikan terhadap adanya dugaan pembalakan liar yang menyebabkan banjir bandang yang terjadi di Desa Sibongkaras Kecamatan Silima Pungga -pungga Kabupaten Dairi Sumatera Utara.

Menurut keterangan yang diberikan oleh Dirkrimsus Polda Sumut Kombes Pol. Rony Santama dimana Polda Sumut sampai dengan saat ini masih melakukan penyelidikan terhadap kasus tersebut.

Selain itu, Dirkrimsus Polda Sumut Kombes Pol. Rony Santama menyatakan akan menindak tegas sesuai hukum yang berlaku terhadap siapa saja yang terbukti melakukan pembalakan liar.

“Siapapun yang terbukti melakukan tindakan pembalakan liar akan ditindak tegas sesuai dengan aturan,” tegas Dirkrimsus Polda Sumut.

Untuk diketahui bersama banjir bandang (19/12/18) tersebut, menyebabkan 5 orang tewas, 2 orang hilang, serta merusak 110 hektar lahan pertanian dan perkebunan.

[irp posts=”5715″ name=”Tragis, Jasad Bocah Ditemukan Tewas Tanpa Bola Mata dan Kulit Kepala”]

[irp posts=”3784″ name=”Ditetapkan DPO Kejaksaan Negeri Sibolga, Terpidana Penipuan CPNS Juga “Buruan” AMC Kejagung”]

Sebelumnya Direktur Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (WALHI) Sumut, Dana Prima Tarigan mengatakan bahwa penuntasan pembalakan liar di Sumatera Utara merupakan ujian di kepemimpinan Kapolda dan Gubernur baru di Sumut , “Kita ingin menguji keberpihakannya mereka terhadap lingkungan. Kita lihat apakah kedua tokoh ini bisa menuntaskan kasus pembalakan liar dan kasus perijinan ilegal di kawasan hutan dan sumber daya alam,” kata Dana.

[irp posts=”1279″ name=”Warga Gempar, Lubang Misterius Muncul Di Persawahan”]

[irp posts=”2110″ name=”“Oplas” Bikin Wajah Bengkak seperti Habis Dipukuli? Ini Penjelasannya”]

Terkait bencana banjir bandang, Dana meyakini banjir yang terjadi tidak datang begitu saja, pasti ada faktor penyebabnya. “Kasus pembalakan liar di Dairi tidak pernah ada ujungnya, belum ada tersangka. Pemerintah harus fokus menyelesaikan masalah terkait, bukan ikut saling menyalahkan,” ujar Dana.

Lebih lanjut, Dana memaparkan bahwa usai kejadian, semua akan menghindar dan menyalahkan faktor hujan yang tinggi. Kalaupun intensitas hujan tinggi, pemerintah daerah harusnya melakukan monitoring secara berkala. (Rel Humas Polda Sumut)

 

loading...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan