Warna Kuku Kaki Ungkap Kesehatan Anda, Warna Kuning Waspadai

  • Whatsapp

1MinutesNews.com – Sering kita hanya memperhatikan kondisi kuku tangan, baik penampilan maupun perubahan yang terjadi. Sementara, karena sebahagian besar tersembunyi, kuku kaki kurang dipedulikan, padahal bentuk dan warna kuku kaki bisa mengungkap kondisi kesehatan tubuh Anda.

Perubahan warna atau perubahan bentuk pada kuku mungkin dapat merupakan tanda dari suatu penyakit. Bisa jadi terdapat masalah kesehatan pada hati, paru-paru, atau jantung.

Bacaan Lainnya

Redaksi 1MinutesNews.com merangkum dari berbagai portal media kesehatan terkait perubahan empat warna kuku kaki yang menandakan kondisi kesehatan tubuh.

  1. Ungu

Bila kuku Anda berubah warna ke unguan ini pertanda adanya trauma pada kuku, misalnya tersandung atau tertimpa sesuatu. Perubahan warna ini akibat pembuluh darah kecil yang berdarah di bawah kuku menyebabkan kuku kaki tampak lebih gelap.

  1. Kuning atau cokelat

Hati-hati apabila warna kuku kaki Anda berubah warna menjadi kuning atau cokelat. Kemungkinan ringannya ini di akibatnya jamur.

Tetapi di beberapa kasus, kuku kaki yang berubah warna menjadi kuning atau kecoklatan pertanda adanya masalah sistem pernapasan atau sistem limfatik. Komplikasi diabetes juga bisa membuat kuku kaki  Anda berubah warna kuning atau cokelat.

  1. Putih

Leukonychia atau adanya garis-garis putih pada kuku dapat menunjukkan beberapa kondisi. Salah satunya cidera karena memakai ukuran sepatu tidak pas atau sempit. Jika Anda tidak merasa kuku kaki Anda tidak mengalami hal ini, berarti Anda mengalami gejala kelelahan dan kelemahan otot. Ini akibat kurangnya asupan protein dan istirahat yang cukup.

  1. Hitam

Kuku kaki yang benar-benar berwarna hitam mungkin memiliki banyak penyebab, seperti kekurangan B12, masalah ginjal, atau penyakit hati. Namun, alasan paling umum untuk perubahan warna ini adalah akibat trauma seperti memar.

Kuku kaki yang menghitam juga bisa sebagai akibat dari konsumsi obat-obatan tertentu seperti obat kemoterapi, kanker kulit, atau penyakit imunodefisiensi seperti HIV, lupus, atau skleroderma.

Nah mulai hari ini berilah ¬†perhatian lebih kepada kuku kaki ANDA. …. (***)

loading...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan