Surveyor Ini Sukses Gasak 200 Septor, PT. Adira Finance Rugi Rp. 2 Milyar

  • Bagikan

Medan,1MinutesNews.com | EW (21) warga Jalan Gunung Leuser Perumahan BP 7 Blok S No 64 Kelurahan Tanjung Marulak Kecamatan Rambutan Tebing Tinggi Sumatera Utara ,di duga telah membobol PT. Adira Finance Cabang Tebing Tinggi.

Pelaku yang sebelumnya bekerja di perusahaan PT. Adira Finance sebagai Surveyor dituding telah menggelapkan sepeda motor sebanyak 200 (dua ratus unit).

Akibat perbuatannya perusahaan dirugikan hingga Rp. 2 Milyar.

Kapolres Sergai AKBP Juliarman Eka Putra Pasaribu didampingi Kasat Reskrim Polres Sergai AKP Alexsander Piliang dalam press relis di halaman Mako Polres Sergai menjelaskan tersangka berhasil dibekuk dari tempat persembunyiannya di Sebangau Kuala Kab Pulang Pisau Kalimantan Tengah.

“Tersangka nekat menggelapkan sebanyak 200 unit kendaraan sepeda motor, oleh karena itu perusahaan tempatnya bekerja mengalami kerugian hingga 2 Milyar. Modus tersangka memanfaatkan identitas warga sebagai konsumen untuk kredit kendaraan sepeda motor,” ujar Kapolres kepada awak media  saat Konprensi Pers di Mako Pores Sergai hari Kamis (6/12/2018) sore.

Modus yang digunakan oleh pelaku sesuai pengakuannya di hadapan penyidik  dengan cara menyalah gunakan jabatannya sebagai surveyor.

“Terungkapnya hal ini ketika utusan PT. Adira Finance cabang Tebing Tinggi yakni Riswanto (37) mendatangkan kediaman rumah Jumiati (35) warga Desa Bogak Besar Kecamatan Teluk Mengkudu Sergai yang tercatat sebagai konsumen pengambilan 1 unit sepedamotor Honda Vario BK2814 XAZ, sedangkan Jumiati tidak pernah melakukan credits sepedamotor tersebut. Jumiati yang mengaku bahwa pernah seseorang yang meminjam KTP untuk mendapat bantuan dari pemerintah sebesar Rp 900 ribu dan bantuan itu sudah diterima Jumiati,” ujar Kapolres

Berdasarkan kejadian ini pihak perusahaan melakukan investigasi kepada pelanggan lainnya dan menemukan modus yang sama dilakukan pelaku kepada nasabah. Selanjutnya pihak perusahaan membuat laporan pengaduan resmi ke Polres Sergai.

“ Satu dari enam pelaku berhasil ditangkap di Kalimantan. Pelaku yang sudah mengetahui telah dilaporkan ke Polisi memilih kabur ke Kalimantan selanjutnya berhasil ditangkap,” ujarnya.

Untuk barang bukti, Polres Sergai juga telah mengamankan 86 berkas nasabah PT.Andira Finance cabang Tebing tinggi yang mengajukan pembelian sepeda motor secara kredit.

“Tersangka dijerat pasal 374 subs pasal 372 atau pasal 378 KUHPidana dengan ancaman diatas lima tahun penjara,” ucap Kapolres. (Frd)

 

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan