Bakhtiar Sibarani Hadiri Sidang Pencemaran Nama Baik, ES : Mengambang Pak Hakim !

  • Bagikan

Sibolga, 1MinutesNews.com | Bakhtiar Ahmad Sibarani menghadiri dan bersaksi dalam kasus pencemaran nama baik terhadap dirinya di Pengadilan Negeri (PN) Sibolga, hari Rabu (12/12/2018) sekira pukul 14.00 WIB.
Sidang digelar di Ruang Cakra PN Sibolga dengan Agenda pemeriksaan saksi korban dengan Majelis Hakim di Ketuai Maratua Sagala, SH, MH.

Keterangan : Suasana Sidang di Pengadilan Negeri Sibolga dalam kasus pencemaran nama baik melalui media sosial

Sementara Jaksa Penuntut Umum (JPU) terdiri Ricat Sihombing, SH, MH dan Tehearo waruwu, SH, MH
Kehadiran Bakhtiar kini menjabat se­bagai Bupati Kabupaten Tapteng ini, untuk memberikan penjelasan ter­kait pencemaran nama baik yang di­lakukan terdakwa ES kepadanya yang saat itu dirinya menjabat sebagai Ketua DPRD Tapanuli Tengah.

Dalam persidangan, Bakhtiar mengungkapkan bahwa dirinya mengetahui adanya postingan yang mencemarkan dirinya dari saksi lain yakni Saorman Pasaribu.

“ Saya awalnya mengetahui fitnah yang ditujukan kepada diri saya dari saudara Saorman Pasaribu yang diposting terdakwa ES di akun facebooknya,” kata Bakhtiar menjawab pertanyaan Hakim Ketua Maratua Sagala, SH,MH hari Rabu (12/12/2018).

Masih kata Bakhtiar, “ Saat itu melalui handphone Saorman , saya melihat postingan di akun terdakwa yang menyebutkan saya buronan, penjahat, dituduh terlibat kasus pembakaran rumah terdakwa, penikaman dan lain sebagainya,” lanjut Bakhtiar yang mengaku tidak mengingat persis tulisan sebenarnya karena sudah terjadi tahun 2015.

Di persidangan ini juga terungkap dari kesaksian Bakhtiar Ahmad Sibarani , bahwa  awalnya tidak mengetahui postingan yang mencemarkan nama baiknya, karena walaupun memiliki akun FB tetapi yang menjalankan adalah adminnya. Selain itu, akun FB miliknya tidak terhubung dengan akun FB milik terdakwa.

Salah satu Majelis Hakim lainnya Obaja David Sitorus,SH menanyakan terkait penulisan nama Bakhtiar Sibarani dan foto yang dipajang di akun FB milik terdakwa.

“ Apakah saudara melihat adakah nama saudara dituliskan dan adakah saudara melihat juga foto saudara yang dipajang di akun terdakwa ini dengan tulisan WANTED “? tanya Obaja.

Saksi Pelapor Bahktiar Sibarani membenarkan pertanyaan yang dilontarkan Hakim Obaja Sitorus.
“ Benar Yang Mulia, nama saya juga ada dituliskan dan foto saya dengan tulisan WANTED ada juga di postingan akun FB milik terdakwa,” tegas Bakhtiar.

Selain mendengarkan keterangan saksi pelapor Bakhtiar Ahmad Sibarani, Sidang Kasus pencemaran nama baik ini juga menghadirkan 4 (empat) saksi lainnya.

Diantaranya, Saorman Pasaribu, Hernarice Hutagalung, Rommy Pasaribu dan satu saksi yang redaksi tidak berhasil mengetahui identitasnya.

Menanggapi keterangan Saksi Pelapor, terdakwa ES hanya menjawab tidak ada.
“ Tak ada tanggapan saya Pak Hakim, semuanya mengambang. Beberapa poin keberatan,” jawab ES.

Dari pantauan redaksi 1MinutesNews.com di Pengadilan Negeri Sibolga , terlihat ruangan Sidang Cakra dipenuhi pengunjung sidang baik dari pihak Saksi Pelapor, awak media maupun petugas Sat Pol PP Tapteng.

Persidangan berlangsung tertib hingga usai ditutup pukul 15.30 WIB.

Untuk diketahui, terdakwa ES yang juga merupakan aktivis dilaporkan ke Polres Tapteng oleh Bakhtiar Ahmad Sibarani karena dirugikan atas postingan terkait dirinya di akun FB milik terdakwa.
Perkara ini teregrister di Pengadilan Negeri Sibolga nomor 312/Pid.Sus/2018/PN Sbg dengan jenis perkara Informasi dan Transaksi Elektronik. (ast)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan