Sendi Kaku di Pagi Hari ? Ini Tanda Awal Penyakit Rematik

  • Whatsapp

Kesehatan,1Minutesnews.com– Saat bangun di pagi hari, Anda mengalami nyeri sendi atau kaku (kram)? Ini bukan karena salah posisi tidur.

Kemungkinan nyeri sendi ini merupakan Tanda Awal dari Penyakit Rematik.

Bacaan Lainnya

Meski ada kondisi lain yang juga ditandai dengan gejala ini tetapi sendi yang kaku, kram, dan nyeri di pagi hari adalah satu tanda paling umum dari rheumatoid arthritis alias rematik

Rheumatoid arthritis atau rematik adalah penyakit autoimun yang menyebabkan seseorang mengalami nyeri dan bengkak pada persendiannya. Biasanya, kerusakan sendi yang diakibatkan oleh rematik terjadi di kedua sisi tubuh diawali dari jari-jari tangan dan kaki.

Dari jari-jari tangan dan kaki, rasa nyeri bisa menyebar ke area pergelangan tangan, siku, lutut, pergelangan kaki, kaki, bahu, pinggul, hingga rahang.

Di awal kemunculannya, rematik membuat Anda mengalami kaku, kram, dan nyeri sendi di jari-jari tangan serta kaki. Penyakit ini akan menyerang sisi kiri dan kanan sekaligus. Artinya jika jari telunjuk kiri Anda bengkak dan nyeri maka kondisi yang sama akan terjadi pada jari yang sama di sisi kanan Anda.

Biasanya kondisi ini hampir berlangsung setiap pagi selama kurang lebih satu hingga dua jam. Namun terkadang, rasa nyeri, kaku, dan juga kram ini akan terus berlangsung sepanjang hari dari bangun tidur hingga Anda kembali terlelap.

Selain kaku, kram, dan nyeri sendi di pagi hari Anda biasanya akan mengalami kelelahan. Kondisi ini akan berlangsung dalam hitungan minggu hingga bulan. Tak hanya itu, berbagai gejala lain yang biasanya muncul saat seseorang mengalami rematik yaitu:

Tidak ada obat khusus untuk rematik tetapi dokter biasanya akan memberikan beberapa obat yang akan membantu menurunkan peradangan dan mencegah kerusakan sendi serta organ. (***)

sumber : hellosehat.com.

loading...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan