Mayjend TNI Felix Hutabarat Tutup TMMD Ke-103 Kodim 0210/TU

  • Whatsapp

Taput,1Minutesnews.com– Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Mulyono diwakili Kepala Staf Ahli (Kasahli) Kasad, Mayjen TNI Felix Hutabarat secara resmi menutup program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-103  Kodim 0210/Tapanuli Utara  dalam sebuah upacara   di Lapangan Dusun Sitapongan.,Desa Banuaji IV Kec. Adian Koting Kab. Taput , Selasa (13/11/2018).

Upacara yang diikuti   personel TNI, Polri, Satpol PP, organisasi massa, mahasiswa, pelajar dan Pramuka se Kabupaten Tapanuli Utara , juga diisi dengan aneka kegiatan bakti sosial (baksos). Seperti pengobatan massal gratis, pasar murah, dan pembagian sembako. Tak ketinggalan, dalam upacara yang juga menyuguhkan panggung hiburan rakyat ini,

Upacara penutupan itu, Koorsahli Kasad membacakan amanat Kasad Jenderal TNI Mulyono  yang mengatakan bahwa selama hampir satu bulan sejak kegiatan TMMD KE-103 ini secara resmi dibuka pada 15 Oktober 2018 yang lalu, para prajurit TNI, anggota kepolisian, aparat  Pemda, serta segenap komponen masyarakat telah bekerja keras, guna mencapai sasaran pembangunan, baik fisik maupun non-fisik, yang mencakup 50 desa sasaran di 50 kabupaten/kota di seluruh indonesia.

“Di setiap kegiatan TMMD ini, kita dapat menyaksikan semangat kebersamaan serta gotong royong yang terpancar di setiap wajah sekaligus cucuran keringat masyarakat dan aparat yang bersama-sama bekerja di lapangan. hal ini menjadi refleksi kekuatan yang sangat besar dari segenap komponen bangsa, yang memiliki visi, misi dan tujuan bersama guna mengatasi berbagai persoalan pembangunan serta problematika kesejahteraan masyarakat. “

“ Semangat kebersamaan seperti inilah yang sebenarnya merupakan hakikat dari kemanunggalan tni dengan rakyat, yang merupakan roh perjuangan bangsa dan akan terus kita bangun serta pelihara. kemanunggalan ini merupakan aktualisasi peran TNI dalam mewujudkan seluruh potensi wilayah dan masyarakat sebagai pendorong kemajuan bangsa, yang bermuara pada terbentuknya kekuatan pertahanan nasional yang kokoh.”

“oleh karena itu, pada kesempatan yang sangat baik ini, saya selaku penanggung jawab operasional (PJO) TMMD, menyampaikan terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada para Gubernur, Bupati, Walikota, instansi kementerian terkait dan khususnya kepada seluruh masyarakat, yang telah bahu-membahu bersama prajurit TNI, mewujudkan pembangunan daerah yang menjadi sasaran pelaksanaan TMMD KE- 103 ini. “

“Pada pelaksanaan TMMD kali ini kita mengangkat tema “ TNI  manunggal rakyat dalam mewujudkan desa yang maju, sejahtera dan demokratis.” tema ini sejalan dengan visi pemerintah pusat melalui kebijakan “membangun indonesia dari pinggiran.” kebijakan ini memberikan kesempatan untuk membantu daerah-daerah yang belum tersentuh pembangunan secara merata, sekaligus sebagai momentum untuk menggelorakan kembali semangat gotong-royong serta memantapkan apa yang saya sebut sebagai imunitas bangsa.

“Sebagaimana program TMMD yang telah berjalan secara rutin, pelaksanaan TMMD ke-103 ini diarahkan untuk mencapai sasaran pembangunan fisik dan non-fisik. dari segi pembangunan fisik, SATGAS TMMD beserta seluruh komponen masyarakat secara nasional telah melaksanakan pembangunan infrastruktur pedesaan, berupa pembukaan 52 km lebih jalan baru, serta peningkatan badan jalan dengan panjang total 326 km. selain itu, dilaksanakan juga pembangunan dan rehabilitasi puluhan jembatan, rumah ibadah dan sekolah, serta perbaikan rumah-rumah tidak layak huni dan berbagai prasarana sanitasi untuk masyarakat.

“Di samping sasaran pembangunan fisik dan non-fisik tersebut, pelaksanaan TMMD ini juga membawa misi khusus, yaitu untuk menyatukan perbedaan dalam masyarakat guna mencegah potensi perpecahan dan berkembangnya intoleransi, serta menumbuhkan kedekatan antara rakyat dengan prajurit tni. karena itulah, bagi prajurit yang tergabung dalam satgas tmmd ini saya wajibkan untuk tidur dan makan di rumah masyarakat, dengan memanfaatkan ULP prajurit yang diberikan oleh komando atas.”

“Dengan telah berakhirnya TMMD ke-103 ini, saya ingin berpesan kepada kita semua, khususnya kepada anggota Satgas TMMD dan segenap masyarakat sebagai berikut: Pertahankan kebersamaan dan kemanunggalan antara TNI DAN RAKYAT yang telah kita rasakan selama kegiatan TMMD ini. Tingkatkan semangat untuk bekerja dan membangun bersama, sebagai realisasi semangat gotong royong yang merupakan warisan asli bangsa kita. selanjutnya, peliharalah hasil-hasil program TMMD KE-103 ini dengan sebaik-baiknya untuk kemaslahatan seluruh warga masyarakat. teruslah membangun dan mengembangkan potensi desa masing-masing, serta jadikan diri kita sebagai  agen-agen pembangunan yang menyebarkan energi positif bagi lingkungan sekitar kita untuk mau belajar dan memajukan desa dan wilayahnya,” tutup Mayjend TNI Felix Hutabarat membacakan amanat Kasad Jenderal TNI Mulyono

Tampak hadir di acara dengan Komandan  KOREM 023/ks Kol Inf Mohammad Fadjar,  Dandim 0210/TU  yang juga Dansatgas TMMD Ke-103, Letkol Inf Rico.Y. Siagian, Bupati Tapanuli Utara diwakili Sekda, Para Dandim jajaran Korem 023/KS, Danyonif 123/RW Letkol Rooy  Candra sihombing, unsur FKPD   Kabupaten  Tapanuli Utara , serta undangan lainnya.

(Rel Penrem 023/KS)

loading...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *