1MINUTESNEWS – KABAR SUMUT Sumatera Utara Insiden Reses Ketua DPRD Kota Sibolga “Memanas”, DPC PERADI Balik Layangkan Surat Pengaduan

Insiden Reses Ketua DPRD Kota Sibolga “Memanas”, DPC PERADI Balik Layangkan Surat Pengaduan

Sibolga,1MNC | Insiden Reses Ketua DPRD Kota Sibolga  Tony L.Tobing hari, Kamis (25/10/2018) mulai memasuki babak baru. Usai DPRD Sibolga layangkan Surat Protes ke Mahkamah Agung, giiran Dewan Pimpinan Cabang Perhimpunan Advokat  Indonesia (DPC PERADI) Sibolga-Tapteng balik melayangkan Surat Pengaduan.

Hal ini diungkapkan Adv. Senior Sanggam Tambunan SH di Kantor DPC PERADI Sibolga Tapteng Jalan Sibolga- P.Sidempuan Kabupaten Tapteng hari Selasa (30/10/2018) lalu.

Sanggam Tambunan, SH yang juga menjabat Ketua Pusat Bantuan Hukum (PBH) DPC Peradi Sibolga-Tapteng menilai tindakan yang dilakukan oleh Ketua Pengadilan Agama Kota Sibolga (PA) merupakan hal yang wajar dan terpaksa.

“  Saya menilai sikap Pak Ketua PA, adalah hal yang wajar dan terpaksa. Sebab tempat reses tersebut berada di lokasi kerjanya. Bukan saja mobilnya yang terhalang, masyarakat yang mencari keadilan juga akan terganggu masuk ke kantor tersebut karena hari reses saat hari kerja,” kata Sanggam di dampingi Ketua Peradi Sibolga-Tapteng, Mahmuddin Harahap,SH.

Advokad Senior ini juga menanyakan sikap dari DPRD Sibolga yang  menjadikan lokasi lingkungan dan jalan masuk ke Pengadilan Agama Sibolga sebagai tempat reses.

“ Saya malah balik bertanya, kenapa harus di situ dan dihari Sidang? Jelas sikap dari Ketua PA Sibolga yang memarkirkan mobil dinasnya adalah sikap protes bukan arogan.  Pihak DPRD Kota Sibolga seharusnya tahu ,bahwa lokasi  lokasi Pengadilan Agama adalah tempat  melayani masyarakat dalam mencari keadilan,  kenapa harus di situ dan di hari Sidang  ?” lanjut Sanggam balik bertanya.

Menurut Sanggam, Pengadilan Agama adalah Lembaga Negara dan Perwakilan Pemerintah Pusat.  Seharusnya DPRD Sibolga menghargai Lembaga Negara ini.

Saat 1MNC  mempertanyakan sikap protes dari Ketua PA juga melanggar Undang-undang yakni memarkirkan kenderaan di tengah jalan yakni di depan Tenda Reses Ketua DPRD Kota Sibolga.

“ Itu keterpaksaan dan bentuk protes dari Ketua PA. Saya menilai tanggapan dari Ketua PA saat  melihat kondisi itu, proses kerja di Kantor Pengadilan Agama yang dipimpinnya akan terganggu dengan keberadaan Tenda dan acara reses tersebut. Seharusnya Ketua DPRD yang juga seorang politisi mengerti dengan situasi ini atau melaksanakannya di hari tidak ada kegiatan kantor PA Sibolga,” ungkap Sanggam.

Sebagai  wadah berhimpunnya profesi Advokat  DPC PERADI merasa terpanggil dengan  Insiden Reses di lingkungan PA Sibolga. Hal ini di dasari bahwa sesuai dengan UU, bahwa Lembaga Pengadilan, Kepolisian, Kejaksaan dan Lembaga Advokat satu tubuh yakni Penegakan Hukum di Republik Indonesia.

Di dasari hal ini, DPC Peradi Sibolga sudah melayangkan surat ke Bawaslu dan Badan Kehormatan Dewan DPRD Kota Sibolga.

“ Sudah , Ketua Peradi sudah melayangkan surat ke Bawaslu dan BKD. dan kita mendukung dan sudah menentukan sikap terkait hal ini,” tegas Sanggam diamini Ketua DPC Peradi Sibolga-Tapteng, Mahmuddin Harahap, SH.

Terkait “Insiden Reses” ini silahkan di baca di berita sebelumnya ditautan  https://www.1minutesnews.com/2018/10/26/bah-oknum-ketua-pa-parkirkan-mobil-di-depan-taratak-saat-reses-tonny-l-tobing-dprd-sibolga-layangkan-surat-ke-ma/

Sementara Ketua PA Sibolga, saat awak media meminta tanggapannya hari Senin (29/10/2018) tidak berhasil, karena salah sorang pegawai di PA Sibolga memberitahukan bahwa Ketua PA Sibolga tidak ditempat .

(ast/redaksi)

0 Likes

Author: Administrator

Pimpinan Umum 1MINUTESNEWS.COM (1MNC)

Tinggalkan Balasan