Bareskrim Ungkap Penipuan Modus Hack Email Perusahaan

  • Whatsapp
Keterangan : Bareskrim Polri saat konprensi pers terkait pengungkapan kasus penipuan dengan modus meng hacker emai korban. (Foto Istimewa)

Jakarta,1MinutesNews.com – Kasus penipuan dengan modus meng hacker e-mail perusahaan berhasil diungkap Direktorat Tindak Pidana Siber (Dittipidsiber) Bareskrim Polri hari Jumat (16/11/2018) lalu.

 

Bacaan Lainnya

Selama menjalankan aksinya dalam 3 (tiga) tahun, komplotan ini berhasil meraup uang korbannya sebesar Rp. 75 Milyar.

 

Kasubdit II Dittipidsiber Bareskrim Polri, Kombes Pol Rickynaldo Chairul menjelaskan bahwa E-mail dari perusahaan dibajak oleh hacker lalu dipakai isi di dalamnya termasuk dokumen dan invoice yang sudah pernah dikirim melalui e-mail tersebut.

 

“Para tersangka adalah seorang WNA asal Nigeria Ndubuike Gilber Ukpogu, istrinya WNI Dina Febrianti, serta keluarga dari sang istri, Puput Bambang.

 

Ketiga pelaku yang ditangkap di sebuah hotel Jakarta Utara tersebut melakukan aksinya dengan meminta pengalihan rekening pengiriman uang dalam transaksi dengan korban menggunakan rekening yang sudah dibajak tersangka.

 

Ketiga tersangka dibantu oleh hacker dari Nigeria yang kini ditetapkan sebagai Daftar Pencarian Orang (DPO).

 

“Begitu sudah tiba saatnya pembayaran, korban dapat e-mail yang mirip dengan pihak yang selama ini mereka bekerja sama, isi e-mail mengalihkan rekening yang awalnya sudah disebut dalam kesepakatan. Begitu barang sudah sampai, dapat e-mail baru yang isinya minta dialihkan rekeningnya karena rekening yang lama ada masalah,” ujar Rickynaldo.

 

Ketiganya dijerat Pasal 263 dan 378 KUHP serta Pasal 30 UU ITE. (Rel Div Humas Polri)

 

[slideshow_deploy id=’4413′]

loading...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan