Alasan Obat Maag Harus Dikunyah Dulu Sebelum Ditelan

Keterangan : Ilustrasi penyakit maag
banner 468x60

Artikel, 1MinutesNews.com Obat maag terutama antasida dalam bentuk tablet memang harus dikunyah. Alasannya adalah agar segera diserap oleh lambung.

Salah satu obat untuk maag adalah antasida. Contohnya adalah Mylanta, promag, polysilane, dll. Prinsip kerja dari obat tersebut adalah menetralkan asam lambung.

Bacaan Lainnya
banner 300250

Karena asam lambung bersifat asam dan antasida bersifat basa, sehingga jika asam ditambah basa akan jadi netral, sederhananya seperti itu.

Para peneliti dari Pusat Ilmu Kesehatan University of Oklahoma menemukan bahwa mengunyah obat maag lebih aman untuk mengontrol keasaman di kerongkongan dibandingkan menelan tablet antasida.

Penelitian ini dilakukan pada orang-orang yang sebelumnya diberi makan pemicu gejala maag seperti cabai, keju, bawang mentah, dan minuman bersoda. Satu jam kemudian, mereka diberikan tablet kunyah, tablet telan, dan effervescent (tablet larut air).

Setelah dilihat, ternyata kelompok yang menggunakan tablet kunyah dan effervescent jauh lebih efektif mencegah timbulnya gejala maag daripada yang tabletnya ditelan.

Antasida yang hancur ini ketika memasuki lambung sudah langsung siap bekerja, sehingga obat ini bekerja lebih efektif menyeimbangkan pH lambung. Itulah mengapa obat maag harus dikunyah dulu, baru ditelan dan minum air.

Terkadang ada beberapa orang yang enggan mengunyah tablet antasida karana rasanya yang tidak nyaman dan pahit (menurut yang tidak suka).

Ahli formulasi dalam perusahaan farmasi telah mempermudah bagi yang enggan mengunyah tablet atau lansia yang tidak memiliki cukup gigi, dengan adanya formulasi bentuk obat yaitu cairan yang bisa langsung ditelan.

Sampai saat ini tidak ditemukan bahayanya menelan antasida langsung. Namun, konsekuensinya yaitu efektifitas obat maag akan menurun, dan proses penyembuhan juga bisa lebih memakan waktu karena obat tidak bekerja seefektif ketika dikunyah. (***)

sumber : hellosehat.com

banner 300x250
banner 468x60

Tinggalkan Balasan