Air Terjun Berubah Jadi Warna Hitam, Ini Penjelasan Humas BNPP

banner 468x60

Jakarta,1Minutesnews.com– Di medsos beredar luas foto dan video yang menggambarkan luberan air dari pucuk air terjun hingga ke dasar air terjun yang berwarna hitam pekat.

Hal ini diperparah dengan adanya informasi terjadinya banjir bandang di kawasan Wisata Air Terjun Sedudo, Desa Ngliman, Sawahan, Kabupaten Nganjuk sempat santer terdengar dan heboh pada Kamis , 8 November 2018 lalu.

Bacaan Lainnya

banner 300250

Khabar ini dibantah Sutopo yang juga menjabat sebagai Kepala Pusat Informasi dan Data Badan Nasional Penanggulan Bencana.

Melalui akun twitter resminya @Sutopo_PN, ia mengatakan jika berubahnya warna hitam air terjun Sedudo di Nganjuk Jawa Timur bukan aliran pasir.

Namun Sutopo juga menjelaskan jika berubahnya warna air tersebut bukan karena material pasir atau banjir bandang, namun berkat material abu bekas kebakaran hutan saat kemarau sebelumnya.

Hujan di bagian hulu menghanyutkan material kebakaran hutan sehingga debit air terjun berwarna hitam.

Tanggapan ini juga dituliskan Sutopo dalam akun instagram resminya @ sutopopurwo.

Sutopo menyebut kejadian hanya sesaat.

“ Tidak benar yang mengatakan aliran sampai lebih dari seminggu. Saat ini sudah normal kembali. Air terjun berwarna jernih saat tidak ada hujan. Saat hujan aliran sering berubah jadi coklat karena adanya sedimen tanah yang larut dalam aliran sungai,” tulis @ sutopopurwo.

https://www.instagram.com/p/BqJRDxJASOj/?utm_source=ig_web_copy_link

Untuk diketahui sebelumnya warga dihebohkan dengan berubahnya warna air terjun Sedudo, Nganjuk, Jawa Timur.

Banyak warga yang mengira jika akan terjadi banjir Bandang di kawasan itu.(ast/twitter @Sutopo-PN)

banner 300x250
banner 468x60

Tinggalkan Balasan