1MINUTESNEWS – KABAR SUMUT

Bersama Kita Suarakan

Rakerda PGI Se Sumut Dibuka Wabup Tapteng di Pandan

Tapteng,1MNC– Rapat Kerja Daerah (Rakerda) PGI-D/BKAG/BMAG/BKUK Se Sumatere Utara  (Sumut) di Pusatkan di Tapteng dan dilaksanakan selama tiga hari  26-28 Oktober 2018 di Gereja GKPI  Pandan dan dibuka secara Resmi Oleh Wakil Bupati Tapteng Darwin Sitompul Jumat (26/10/2018)

Rankerda PGI D Wilayah Sumut mengangkat Tema: Tuhan Mengangkat Kita dari Samudera Raya (bnd. Mazmur. 71: 20b) Sub Tema Dalam Solidaritas dengan Sesama Anak Bangsa , Kita Tetap Mengamalkan Nilai-Nilai Pancasila, Guna Menanggulangi Kemiskinan, Ketidakadilan, Radikalisme dan Kerusakan Lingkungan.

Wakil Bupati Tapteng Darwin Sitompul dalam sambutannya selamat melaksanakan Rapat Kerja Daerah PGI Wilayah Sumut Tahun 2018, semoga terlaksana dengan baik dan berjalan dengan lancar.

Agama sebagai landasan moral dan etika, merupakan faktor yang sangat penting untuk mendorong terbentuknya karakter masyarakat yang beradab, damai, adil, sejahtera, dan bermartabat. Karena itu dalam setiap keadaan, nilai-nilai agama harus ditanam di dalam jiwa orang-orang sebagai nilai yang sangat penting untuk mengorbankan jiwa, membentengi diri dan meneguhkan keimanan kita sebagai orang yang beragama untuk dapat menolak setiap sikap dan tindakan yang sifatnya negatif.”Paparnya

Pada masa sekarang ini adalah saat-saat dimana perkembangan dan teknologi berkembang dengan sangat cepat. Setiap kali kita dapat mengakses informasi dari seluruh penjuru bumi. Dunia ada dalam genggaman kita. Sikap, perilaku dan budaya saat ini terus bergeser lebih bebas dan apatis. Menghasilkan milenial menghabiskan waktu selama  tiga jam sehari menggunakan Handphone  ‘Mereka lebih mempraktekkan nilai-nilai budaya dan agama, mengejar nilai-nilai kebebasan, hedonisme, pesta dan pergaulan bebas.”

Selanjutnya Wakil Bupati Tapteng mengungkapkan Sikap dan perilaku bebas seperti itu tidak bisa dibiarkan. Kita semua harus ikut terlibat dan aktif untuk menjaga diri. Menjaga keluarga dan anak-anak kita agar tidak mudah terbawa arus terhadap nilai-nilai hedonisme dan kebebasan. Penyebaran berita fitnah, berita hoax, dan hujat- menghujat yang formal untuk memecah belah persatuan dan kesatuan bangsa harus dihentikan.

Sekretaris PGI Wilayah Sumut Pdt. Hotman Hutasoit, M.Th mengatakan PGI berkomitmen menjadi mitra Pemerintah yang turut serta mensukseskan program program Pemerintah, terutama setelah Presiden  RI  Pak Jokowi menetapkan Pembangunan dimulai dari daerah perbatasan atau pinggiran maka PGI dalam setiap Kegiatannya selalu  melakukan kegiatannya di daerah daerah perbatasan , PGI tidak pernah absen ambil bagian dalam pergumulan pergumulan bangsa baik itu terkait suku dan agama,  saat ini PGI sedang melakukan  usaha  agar undang undang yang akan berkaitan keagamaan supaya agar tidak terlalu memasuki wilayah keagamaan itu sendiri. Kalau berkaitan dengan pendidikan Formal kita mendukung tapi ketika memasuki  wilayah keagamaan biarlah agama itu sendiri mengambil kebijakan kebijakannya.

 

PGI Wilayah selalu berusaha untuk melihat apa sebenarnya apa yang menjadi kebutuhan  Pemerintah , PGI selalu bersinergi dengan Pemerintah agar pelayanan kita itu tersosialisasi dan dapat diterima oleh masyarakat. Kegiatan kegiatan PGI Wilayah selalu melibatkan PGI Daerah disana kita juga  melakukan koordinasi dan saling berbagi informasi apa yang menjadi persoalan persoalan untuk disharingkan bersama  dan sekaligus memberikan masukan masukan baik ditingkat Propinsi maupun Tingkat Kabupaten.

Kiranya melalui pelaksanaan Rakerda ini kita bisa mendengar  sejauh mana pelayanan pelayanan PGI untuk kita diskusikan bersama. Biarlah apa yang dilakukan di Tapteng ini menjadi Catatan Sejarah  dalam membangun Spritual Bangsa secara Nasional, Regional maupun Lokal.

Ketua BKAG Tapteng Pst. Posma P. Manalu, Pr dalam sambutannya Kabupaten Tapteng menjadi contoh bagi Kerukunan Umat Beragama baik sesama umat kristen baik dengan pemeluk agama lainnya sebagai Ketua BKAG Tapteng sangat bangga karena selama ini tidak pernah ada gesekan gesekan apapun diantara umat beragama, ada beberapa organisasi Kristen di Tapteng  diantaranya PGI-D/BKAG/BMAG/BKUK dan BKAG sendiri menjadi payung Organisasi Kristen dan mengkategorikan tiga Kekristenan di Tapteng yaitu Katolik, Protestant dan Kharismatik . Pemerintah Tapteng memberikan perhatian kepada BKAG melalui anggaran yang dipergunakan  membangkitkan semangat kebersamaan untuk mempertemukan tokoh tokoh dari 45 Dedominasi Gereja selain itu juga Pemerintah Tapteng juga  membantu terlaksananya Pesparawi untuk Protestan dan Pesparani untuk Katolik

Untuk itu  ucapan terima  kasih disampaikan kepada Pemkab Tapteng dibawah Kepemimpinan Bupati Tapteng Bakhtiar Ahmad Sibarani dan Wakil Bupati Tapteng Darwin Sitompul yang telah membantu terlaksananya  pembinaan spritual masyarakat menuju masyarakat yang religi.

Semoga  melalui Rakerda  ini menghasilkan Solusi untuk Kesatuan bagi  seluruh umat beragama di Indonesia dan yang paling penting kita rajut sebenarnya adalah Toleransi seperti yang tertuang dalam Pancasila Sila Pertama yaitu Ketuhanan Yang Maha Esa, Kristen dimanapun berada kiranya selalu memberikan solusi   untuk itu Ajaran Kasih harus kita wujudkan dalam rangka menjaga kerukunan dan menjungjung toleransi kiranya orang orang Kristen  menjadi perekat dan senantiasa memberikan solusi dalam keberagaman  .

Ketua KNPI Tapteng Rahmansyah Sibarani  selamat dan sukses Pelaksanaan Rakerda PGI Wilayah Sumut dan selamat Ulang Tahun Ke 1 PGI- D dan apresiasi disampaikan dimana  diumur PGI D Tapteng yang baru satu Tahun mampu menjadi Tuan Rumah pelaksanaan Rakerda PGI wilayah Sumut. Bercerita tentang Toleransi   Pada Kesempatan itu juga Ketua KNPI Tapteng memaparkan bahwa dilingkungan tetangga saya di Barus hanya satu keluarga yang Non Muslim yaitu  Pendeta HKBP dengan demikian Tapteng adalah tempat bersaudara   sesuai dengan Motto Tapteng Sahata Saoloan Saiyo Sakato  hidup nyaman saling berdampingan.

Kegiatan ini dirangkai dengan Pemotongan Kue Ulang Tahun ke 1 PGI D Tapteng, Pemberian Ulos Kepada Wakil Bupati Tapteng, Mewakili Korem 023 KS, Mewakili Ketua DPRD Tapteng, Ketua KNPI Tapteng serta dihadiri oleh Wakil Sekum Pdt. Bima Gustav Saragih S. Th, Ketua BKAG Tapteng Pst. Posma P. Manalu, Pr Mewakili Korem 023 KS Kasiter Korem 023 KS Mayor Kav. Setia Budi Nainggolan, Mewakili Danlanal Mayor.  A Tanjung, Para Pendeta PGI D se Wilayah Sumut. (Rel)