Operasi Zebra Hari Pertama di Tapteng , Ini Pelanggaran Yang Jadi Sasaran Polisi

  • Whatsapp

Tapteng, 1MNC– Kepolisian Resort Tapanuli Tengah khususnya Satuan Polisi Lalu Lintas hari ini Selasa (30/10/2018), sekitar pukul 15.00 WIB, menggelar Operasi Kepolisian dengan sandi Operasi Zebra 2018.

Puluhan kenderaaan bermotor khususnya roda dua, terpantau berhenti di sepanjang jalan Sibolga – Sibuluan tepatnya setelah Perumahan Sibuluan Nalambok sebelum SPBU Tanah Ponggol Kabupaten Tapteng.

Ternyata hal ini disebabkan adanya razia yang dilaksanakan Satuan Polantas Polres Tapteng. Di duga puluhan kenderaan baik dari arah Pandan menuju Sibolga dan sebaliknya berhenti dikarenakan tidak lengkap syarat untuk berkenderaan.

“ Gak ku bawa helm ku bang, makanya takut aku melintas,” ucap Iwan (43) salah seorang pengendera.

Keterangan Gambar : puluhan kenderaan roda dua terlihat tidak berani melintas di lokasi Operasi Zebra

Sementara seorang Ibu berpakaian PNS mengaku Pajak kenderaannya sudah habis, walaupun dirinya memakai helm.

“ Pajak kenderaan ku Pak sudah mati dua tahun, belum sempat ngurus. Kalo helm aku bawanya, tapi takut aku melintas nanti di tilang. Saya tunggu saja selesai razianya ,Pak” aku Ibu berpakaian PNS ini yang mengaku mau pulang ke Kota Sibolga.

Pantauan 1MNC, terlihat beberapa petugas petugas Polantas berjejer sepanjang kurang lebih 100 meter di jalan. Sementara plank tanda Razia Operasi Zebra di pajang baik di arah Kota Sibolga maupun arah Kota Pandan.

Beberapa kenderaan terlihat di berhentikan dan ada yang langsung diberikan surat tilang setelah dilakukan pemeriksaan terhadap kelengkapan surat-surat kenderaannya.

Tak hanya kenderaan roda dua, kenderaan roda empat, truk maupun becak bermotor tak luput dari pemeriksaan Petugas Lantas Polres Tapteng. Petugas Polantas yang sedang melakukan Operasi Zebra tak berhasil dikonfirmasi karena terlihat sibuk melakukan razia.

Seperti diketahui, Operasi Kepolisian terpusat dengan sandi Operasi Zebra 2018, digelar  seluruh wilayah Indonesia pada 30 Oktober . Operasi ini akan berlangsung selama dua minggu, yakni sampai 12 November 2018.

Nah, bagi Anda yang tak ingin terkena tilang dari petugas polisi, ada baiknya mengikuti beberapa tips menurut National Traffic Management Center (NTMC) Polri. Ada pun tips wajib dipahami para pengendara bermotor agar terhindar dari surat tilang polisi antara lain:

  1. Lengkapi surat-surat kendaraan yang masih berlaku.
  2. Jangan melawan arus.
  3. Pelat nomor harus sesuai dengan surat berkendara.
  4. Pengendara dan penumpang harus mengenakan helm dan sabuk keselamatan.
  5. Motor harus lajur kiri (apabila ada lajur kanalisasi).
  6. Harus nyalakan lampu besar di siang hari.
  7. Taati lampu merah dan marka jalan.
  8. Bagi pengendara motor, jangan naik motor lebih dari dua orang.
  9. Bagi pengendara mobil, jangan pakai rotator atau sirine pada mobil pribadi. (ast)
loading...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan