Mata Bintitan Bukan Karena “Mengintip”, Ini Penyebab dan Cara Pencegahan

  • Whatsapp

Kategori : Artikel, Kesehatan

Artikel, 1MNC– Mata bintitan seringkali dikaitkan dengan kebiasaan suka mengintip. Padahal, mata bintitan terjadi karena ada infeksi pada kelenjar di kelopak mata.

Bacaan Lainnya

Bintitian atau dalam dunia medis disebut hordeolum adalah kondisi ketika bintil menyakitkan yang mirip jerawat tumbul di tepi kelopak mata. Bintitan sendiri sering kali hanya terjadi pada salah satu kelopak mata saja.

Ada dua jenis hordeloum, yakni hordeoulum internal (infeksi yang terjadi di dalam garis bulu mata). Dan hordeolum eksternal (infeksi di luar garis bulu mata).

Sebelum muncul bintil di kelopak mata, bintitan memiliki beberapa gejala layaknya ada rasa nyeri dan pembengkakan pada kelopak mata. Disamping itu, pada ujung mata biasanya akan muncul banyak sekali kotoran. Mata juga cenderung sangat berair dan memerah dan pada akhirnya muncullah benjolan layaknya jerawat atau bisul pada kelopak mata.

 

Penyebab Mata Bintitan

Mata bintitan disebabkan oleh penyumbatan di kelenjar minyak. Kelenjar ini berada di sepanjang tepian kelopak mata. Kelenjar ini berfungsi untuk mengeluarkan minyak, penyumbatan membuat fungsinya menjadi terhambat.

Apabila penyumbatan kelenjar minyak disertai dengan bakteri yang terjebak di dalam kelenjar, dan tidak bisa keluar seperti seharusnya. Maka akan terjadi infeksi, sehingga terjadi peradangan yang memerah bahkan bernanah.

Sebanyak 90% kasus mata bintitan disebabkan oleh bakteri staphylococcus aureus, yang menyerang akar folikel di bulu mata.

Hordeolum ditandai dengan munculnya benjolan kecil kemerahan pada kelopak mata, yang terasa sakit dan kadang disertai pusing. Selain itu, gejala awal lain sebelum benjolan hordeolum itu muncul adalah sebagai berikut:

  • Mata sering berair
  • Penglihatan kabur
  • Sensasi seperti kelilipan atau ada benda asing di kelopak mata
  • Titik kekuningan pada benjolan hordeolum yang akan menjadi tempat keluarnya nanah.

Hordeolum internal lebih berbahaya daripada hordeolum eksternal, dan biasanya harus ditangani oleh dokter agar bisa sembuh. Apalagi tidak terlihat dari luar, sehingga bisa mengganggu fungsi mata.

 

Cara Mengobati Mata Bintitan

Guna mengurangi rasa tidak nyaman yang ditimbulkannya, Anda bisa mengompres bintitan setidaknya tiga kali sehari dengan air hangat.

Selain dengan kompres, berikut adalah beberapa cara alami yang bisa digunakan untuk mengatasi bintitan, antara lain:

Klik Page 2 (dua) di bawah ini 

loading...
loading...

Pos terkait