Banggar DPR RI : Dana Kelurahan Masuk di RAPBN 2019, Besarnya Rp. 3 Trilyun

  • Whatsapp

Jakarta,1MNC – Terkait rencana pemerintah mengangarkan Dana Kelurahan, Badan Anggaran (Banggar) DPR RI menyebutkan hal ini sudah masuk dalam RAPBN 2019. Besarnya Rp. 3 Trilyun diambil dari Dana Desa.

 

Bacaan Lainnya

Wakil Ketua Banggar DPR RI Jazilul Fawaid menilai tak ada persoalan dengan rencana Presiden Jokowi untuk mencairkan Dana Kelurahan di 2019. Ia memastikan anggaran untuk Dana Kelurahan sudah masuk dalam RAPBN 2019.

 

” Anggaran transfer ke daerah melalui Dana Desa itu tiap tahun naik, terakhir ini ada Rp 70 triliun,” kata Jazilul di Gedung DPR, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (22/10).

 

“Nah dari transfer dana ke daerah melalui dana desa itu kemudian di-split Rp 3 triliun digunakan untuk kelurahan karena banyaknya usulan dari para wali kota bahwa di kelurahan juga ada problem yang harus didanai,” lanjutnya seperti dikutip dari kumparan.com

 

Ia menegaskan usulan Dana Kelurahan tidak akan menambah pos anggaran baru. “Total anggaran kalau untuk transfer daerah melalui dana desa itu Rp 73 triliun. Rp 70 triliun untuk dana desa dan Rp 3 triliun untuk kelurahan,” lanjutnya.

 

Dia pun membantah bahwa rencana dana kelurahan digunakan untuk kepentingan politik di Pemilu Serentak 2019. Baginya, hal tersebut memang sudah menjadi usulan sejak lama.

 

“Jadi kalau soal momentum itu dari lama sebenarnya dana kelurahan ini oleh banyak pihak. Termasuk teman-teman di badan anggaran, Apeksi dan lain-lain yang mengusulkan agar Pak Jokowi ini fokus membangun kelurahan, bukan hanya desa,” ujarnya.

 

Lebih lanjut, ia meminta pemerintah agar mengawasi dengan maksimal pencairan dana kelurahan tersebut. Menurut dia, diperlukan sebuah mekanisme pencairan dan pengawasan yang tepat agar tidak terjadi penyalahgunaan. (Dian/KC)

loading...
loading...

Pos terkait