5 Aplikasi Ini Membuat Kuota Internet Anda Tekor

  • Whatsapp

1MNC– Di dunia Zaman Digital saat ini, kebutuhan akan Internet sudah beralih ke kebutuhan primer alias wajib. Tentu saja ini akan menambah pengeluaran. Nah, saat kita baru saja mengisi pulsa kuota internet (data) ternyata hanya bertahan beberapa saat selanjutnya habis, pasti sress dong.

Melalui kuota internet ini, anda bisa melakukan kegiatan berkomunikasi setiap saat dengan mudah dimana saja dan kapan saja. Tidak hanya itu saja, berbagai aplikasi hiburan yang ada pada smartphone pun saat ini umumnya mengharuskan menggunakan kuota internet untuk menjalankannya.

Tanpa koneksi data, anda tidak bisa berkomunikasi dengan aplikasi seperti BBM, Whatsapp, Line ataupun berinteraksi dengan sosial media seperti Path, Facebook dan Twitter sehingga aplikasi yang ada pada smartphone anda tidak bisa digunakan.

Walaupun provider telekomunikasi Indonesia saat ini banyak menawarkan paket data yang bersifat unlimited, namun tetap saja memiliki keterbatasan. Seperti contoh, kecepatan koneksi dibatasi sehingga menjadi lambat walaupun kuota yang diberikan unlimited.

Nah bagi anda pengguna ponsel smartphone sebaiknya anda mengetahui apasaja aplikasi yang menyebabkan kuota internet anda cepat habis, sehingga anda dapat lebih bijak dalam penggunaan data internet dan tetap bisa berkomunikasi melalui aplikasi kesayangan anda.

Ini 5 (lima)  aplikasi yang membuat kuota internet Anda cepat habis.

  1. Video Call

Saat ini banyak aplikasi chat menyediakan fitur video call agar lebih memudahkan anda dalam berkomunikasi, seperti contoh aplikasi Line dan Skype. Memang berkomunikasi melalui panggilan video mengasyikkan, namun kuota internet yang ada pada smartphone umumnya akan terkuras penggunaannya. Umumnya rata-rata kuota yang dihabiskan per menit dalam kegiatan video call bisa mencapai 5 MB. Artinya Anda ber vidio call hingga 1 (jam) akan menghabiskan 300 MB khusus untuk  Aplikasi ini.

  1. UploadFoto dan Video 

Kegiatan berfoto-foto kurang pas rasanya jika tidak di abadikan dalam sebuah aplikasi sosial seperti Facebook dan Instagram. Seringkali pengguna ponsel smartphone mengunggah hasil jepretan mereka ke aplikasi sosial media, namun tanpa mereka sadari mengupload foto ini juga banyak menguras kuota internet, terlebih jika diunggah dalam jumlah banyak.

Tak hanya foto, video pun juga banyak diupload pengguna smartphone ke aplikasi tersebut. Untuk anda ketahui, mengunggah sebuah video dengan format HD bisa menghabiskan kuota hingga 200 MB per menit. Sebaiknya agar lebih hemat, anda gunakan saja koneksi wifi dalam urusan upload video dan foto kesayangan anda.

  1. Game Online 

Salah satu aplikasi yang menyebabkan kuota internet cepat habis adalah Game Online, dimana saat ini begitu banyaknya aplikasi game-game yang ada pada Play Store bermunculan dengan fitur multiplayer secara online. Berbeda dengan aplikasi permainan terdahulu yang hanya bisa dimainkan secara offline, pengguna smartphone saat ini lebih tertarik dengan game online agar dapat bertanding dan mengadu kemampuan dengan pengguna lain dalam sebuah permainan. Rata-rata penggemar game jenis ini menghabiskan waktu hingga berjam-jam dalam memainkannya sehingga tanpa mereka sadari menguras begitu banyak kuota internet yang ada, terlebih jika game yang dimainkan memiliki tampilan grafis yang tinggi.

  1. StreamingMusik dan Video 

Saat ini banyak layanan penyedia streaming gratis yang bisa anda gunakan untuk mendengarkan lagu kesayangan anda serta video favorit, seperti trailer film terbaru. Sebut saja soundcloud, dimana anda bisa mendengarkan musik tanpa harus menyimpan lagu tersebut di smartphone anda. Disana terdapat banyak jenis lagu yang bisa anda nikmati dan anda pilih sesuai keinginan anda. Namun, terlalu sering melakukan streaming juga berdampak pada kuota anda akan terkuras, karena situs tersebut menyediakan sebuah file musik dengan kualitas jernih beresolusi tinggi. Begitu juga dengan streaming video di youtube, akan lebih banyak memakan kuota anda untuk setiap menit video yang anda tonton.

  1. Aplikasi yang Banyak Iklan 

Memang iklan merupakan salah satu cara bagi pengembang aplikasi untuk mendapatkan sebuah penghasilan, namun terlalu banyak iklan ini juga akan menguras kuota anda, karena setiap iklan akan melakukan redirect ke situs tertentu tanpa anda sadari.

Itulah beberapa aplikasi yang menyebabkan kuota internet anda cepat habis, dengan mengetahui jenis aplikasi diatas semoga anda akan lebih bijak dalam penggunaannya sekaligus berhemat dalam penggunaan sebuah kuota internet. (***)

loading...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan