Timnas U-16 Melaju Ke Perempat Final, Piala Dunia Menunggu

  • Whatsapp
Sumber Foto AFC Com

Jakarta,1MINUTESNEWS.com- Timnas U-16 memastikan melangkah ke perempatfinal Piala Asia usai berimbang 0-0 kontra India di laga terakhir fase grup. Satu poin ini cukup untuk menyegel posisi juara Grup C dengan lima poin.

Hasil imbang menjadi hasil akhir pertandingan Timnas Indonesia U-16 melawan India. Berlaga di Stadion Nasional Bukit Jalil, Kamis (27/9/2018 Timnas U-16 berhak lolos ke fase perempat final Piala Asia U-16 2018 sebagai juara grup.

Bacaan Lainnya

Kelolosan ke perempatfinal ini layak disambut antusias oleh masyarakat Indonesia. Sebab kini Mochammad Supriadi dkk. hanya berjarak satu laga lagi dengan Piala Dunia U-17 di Peru yang digelar tahun depan.

Dari tiga laga, Indonesia mengoleksi lima angka. Di babak delapan besar, mereka akan menghadapi runner-up Grup D. Ada tiga tim yang berpeluang bertemu yakni Korea Selatan, Australia, dan Irak.

Pada laga sebelumnya, Timnas U-16 mengalahkan Iran dengan skor 2-0, sebelum bermain imbang tanpa gol melawan Vietnam di laga kedua fase grup.

Bermain imbang di babak pertama, kedua tim menjalani ke 45 menit kedua dengan komposisi pemain yang sama. Kali ini, India mencoba menekan terlebih dahulu. Mereka terlihat bermain lebih agresif ketimbang babak pertama.

India mendapat peluang bagus pada menit ke-62. Bola hasil sepakan Vikram Partap bahkan telah melewati adangan Ernando Ari. Beruntung, Komang Teguh mampu menyapu bola ketika hendak melewati garis gawang.

Tak lama, pelatih Fakhri Husaini melakukan pergantian pemain pertama. Rendy Juliansyah masuk menggantikan Bagus. Selang tiga menit, giliran M. Salman masuk menggantikan Supriadi yang cedera. Masuknya Salman yang berposisi bek kiri, membuat Yudha Febrian naik ke posisi sayap kiri.

Masuknya Rendy membuat serangan Timnas U-16 lumayan terangkat. Pada menit ke-80, Indonesia dapat kesempatan lewat sepak pojok. Bola yang dikirim ke mulut gawang sempat terlepas dari tangkapan kiper lawan. Bola sapuan kemudian diterima Brylian yang meneruskannya dengan tendangan jarak jauh. Lagi, usahanya belum menemui sasaran.

Syukur alhamdulilah kami lolos kebabak berikutnya. Pada saat awal turnamen saya bilang bahwa kami cuma butuh 360 menit untuk lolos ke Piala Dunia. Sebanyak 270 menit bisa dilalui dengan baik,” ujar Fakhri usai laga kontra India.

Jika berhasil lolos ke Piala Dunia U-17, ini akan jadi sejarah baru untuk Indonesia. Sebab Indonesia belum pernah mengirim satupun tim ke Piala Dunia di kelompok usia apapun.

Atas hasil imbang ini, sehari sebelum pertandingan Pelatih India, Bibiano Fernandes mengakui kekuatan serangan Timnas U-16 Indonesia. Karena itu, dia menyatakan bahwa timnya akan bermain bertahan penuh selama 90 menit.

“Mereka (Indonesia) punya pemain dengan stamina fit dan sangat kuat dalam serangan, tapi akan menunjukkan bagaimana bagusnya kami pada laga ketiga besok serta bagaimana kami akan bertahan selama 90 menit pertandingan,” kata Bibiano seperti dilansir laman AFC. (Dian)

 

loading...
loading...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan