Biaya Sendiri , Putra Sibolga Amar Khan Juarai “Dendang Syair” Di Medan

  • Whatsapp

Sibolga,1MINUTESNEWS.com–  Demi membawa nama baik Kota Sibolga, Amar Khan Sikumbang rela merogoh kocek untuk berangkat mengikuti lomba Berdendang Syair Tradisi yang diselenggarakan oleh Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan Provinsi Sumatera Utara. Rabu (26/9/2018) di Kota Medan.

Dihubungi melalui selulernya, pria kelahiran Kota Sibolga 14 Mei 1996 tersebut mengaku bangga berkesempatan mendendangkan talibun yang menjadi ciri khas masyarakat Sibolga di daerah orang.

Bermodalkan semangat, ia yakin mampu bersaing dengan peserta dari Kabupaten/kota lain se Sumut.

“Awalnya saya dapat info kegiatan ini dari Facebook, selanjutnya saya hubungi panitia untuk mendaftar,  ya Alhamdulillah, walau belum bisa dapat juara 1 tapi saya bangga bisa mendendangkan talibun Sibolga, biaya sendiri bang,” kata Amar Khan Sikumbang.

Dikatakan Amar, dalam ajang ini para peserta membawakan dendang tradisi dari daerahnya masing-masing.

Menurutnya, tak banyak remaja Sibolga yang menyukai dendang seperti talibun itu, sebab itu dianggap jadul.

Oleh karena itu, Amar berencana membuat lomba Talibun bagi Pelajar SMA/SMK dan Mahasiswa Sibolga untuk melestarikan warisan budaya.

“Ini kan musik dulu, sekarang orang sukanya dangdut, kalau saya memang suka Talibun ini, insyaallah  ada kesempatan saya akan buat lomba seperti ini di Sibolga, mohon doanya,” sebutnya.

Dalam ajang tersebut Amar Khan berhasil meraih juara terbaik 4 dari 39 peserta se-Sumatera Utara kategori lomba berdendang syair tradisi.

“Juara 1 Tanah Karo, kemudian disusul juara II dari Labuhan Batu, juara III KotaMedan dan Juara IV Kota Sibolga, dan terakhir juara 5 dari Medan,” tuturnya. (Rel)

loading...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan